Friday 22 March 2013

Kuliner Sederhana, Cita Rasa Luar Biasa

Kali ini gue mau bikin review soal sebuah makanan yang sedang tren beberapa bulan terakhir di Bandung.
Mungkin gue telat dalam hal me-review soal makanan ini, tapi gue akan coba me-review makanan ini dari sudut pandang gue.

Beberapa bulan lalu, mungkin sekitar bulan November tahun lalu gue dan beberapa temen yang lagi melakukan kunjungan kenegaraan ke kosan salah satu temen gue. Suasana nya waktu itu emang udah siang dan tepatnya emang udah waktunya makan siang. Salah satu temen gue nyaranin untuk beli sebuah makanan yang bernama "Ayam SPG", waktu itu juga semua temen gue setuju untuk beli makanan itu dan gue juga setuju karena gue penasaran apa itu "Ayam SPG". Dan kenapa nama nya mesti pake embel - embel "SPG"?
Setelah agak lama, temen gue yang tadi pergi beli "Ayam SPG" pun datang. Gue makin penasaran, ditambah dengan cerita - cerita beberapa temen soal makanan ini.
Pas gue buka bungkusannya, ternyata "Ayam SPG" itu ya nasi ditambah ayam goreng dan ada sambalnya. Sederhana banget kan?????
Pertama sih gue ngerasa biasa aja pas makan, tapi menurut salah satu temen gue, sebut aja Toyo, gue harus makan juga sambalnya. Gue yang emang anti sambal pun agak merasa ragu buat coba karena gue punya penyakit maag. Tapi gue coba untuk ngerasain sambalnya yang katanya luar biasa itu. Gue iris daging ayamnya dan gue cocol ke sambal itu, walaupun cuma sedikit sambal yang nempel di irisan daging itu tapi pas gue makan, rasanya mantep banget. Jelas yang namanya sambal ya pasti pedas tapi ada rasa lain, gurih dan bikin nagih.
Akhirnya gue makan plus sambalnya, ya walaupun gak sampe habis sambalnya kaya temen - temen gue.
Setelah habis rasanya ya pedas tapi nikmat dan rasanya perut masih pengen lagi.
Gue sempet nanya temen - temen gue yang udah sering makan "Ayam SPG" soal namanya yang kenapa pake kata "SPG". Salah satu temen gue jawab karena yang beli kebanyakan SPG jadi makanan itu disebut "Ayam SPG". Cukup masuki akal karena emang lokasi warung sederhana tempat si "Ayam SPG" itu dijual emang tepat dipusat kota Bandung dan berada disekitaran pusat perbelanjaan.

Beberapa bulan kemudian tepatnya mungkin Februari lalu, gue diajakin lagi makan "Ayam SPG" dan oke gue setuju. Kali ini rasanya lebih mantep lagi, nasi dan goreng ayam yang panas plus sambalnya yang pedas gurih, rasanya luar biasa. Mungkin itu juga efek dari lapar dan capek sehabis main futsal.
Oh iya biar bisa makan "Ayam SPG" ini gak lah mudah karena harus rela ngantri lama dan berdesakan. Biarpun warung kecil tapi punya pelanggan yang sangat banyak. Begitu kita selesai makan pun harus segera pergi karena emang tempat yang tersedia begitu terbatas.
Sejak itu gue jadi nagih untuk makan "Ayam SPG" bareng temen - temen gue apalagi kalo udah beres main futsal.
Bisa dibilang "Ayam SPG" ini makanan tradisional kita.
Dan gue punya pengartian sendiri soal "SPG", gue mengartikan kata ini sebagai "Sambal Pedas Gurih" yang disingkat jadi "SPG". Tapi entahlah mungkin emang itu arti "SPG" yang sebenarnya yang setia melekat dikata "Ayam SPG". Dan menurut gue penjelasan ini yang jauh lebih masuk akal.

Entah "Ayam SPG" atau "Ayam Jeletot" yang lebih dulu hadir tapi kedua kuliner ini gak jauh berbeda namun "Ayam Jeletot" ini gak cuma ayam goreng melainkan ada juga ayam bakar dan sebagai pelengkap ada tempe, tahu bahkan irisan jengkol.
Mungkin gue juga terbilang telat dalam mencicipi makanan yang satu ini, karena gue lebih suka menyantap "Ayam SPG". Dan baru tadi siang gue makan "Ayam Jeletot" ini, rasanya lumayan tapi menurut gue ada yang kurang. Rasa sambalnya gak sehebat "Ayam SPG". Sambalnya terkesan biasa tapi gue sampe nambah 2x untuk sambalnya. Entah tadi siang gue merasa kesetanan karena gue yang emang gak terlalu suka sambal tapi bisa makan pake sambal sampe nambah sambal itu sebanyak 2x. Alhasil gue basah karena keringat dan perut gue saat ini jadi mules.

Jangan khawatir soal tempat si "Ayam Jeletot" ini karena banyak warung yang jual si "Ayam Jeletot" dan rata - rata tempatnya lumayan luas. Dan untuk si "Ayam SPG" hanya ada dua warung yang jual. Keduanya juga warung yang lumayan kecil. Jadi butuh kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi biar bisa nikmati si "Ayam SPG" ini.

Soal harga, kedua kuliner ini sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 8000 saja. Dan untuk kalangan mahasiswa mungkin bisa dibilang makanan ini terbilang mewah karena gak setiap hari bisa kita makan. Lagian kalo makan tiap hari juga bisa - bisa kita mencret hahahaha,,,,,,,,,,,,,,,,

Sekian review gue soal kedua kuliner yang sedang naik daun di kota Bandung ini. Tampilan yang sederhana tapi rasanya yang luar biasa mampu memikat lidah para pecinta kuliner.
Bagi kalian yang sedang berkunjung di Bandung dan ingin mencoba kuliner ini, cukup datang aja ke jalan Balong Gede.
Ya ciri yang lebih mudahnya, dekat ITC Kebon Kalapa.

Enjoy!!!!!

No comments:

Post a Comment

2017

Hai, ini gue. Lama gak nulis. Bahkan selama setahun terakhir, blog ini gak pernah gue buka. Gak pernah gue kunjungi. Silly author. Gak ter...