Monday 2 December 2013

Bing : Introduction

     2007 pertengahan, saat itu aku masih kelas 2 SMA. Ya seperti kebanyakan anak sekolah, kalau tidak update mengenai teknologi rasanya seperti orang bodoh dan tidak gaul, pada saat itu 'internet' merupakan hal yang sedang naik daun dengan berbagai macam situs social media seperti myspace, friendster dll, juga istilah 'chatting' sedang hangat dikalangan 'internet addict' yang digunakan sebagai alternatif untuk mencari teman diluar social media yang pada saat itu masih belum banyak seperti sekarang.

        Ya seperti apa yang dijelaskan diatas, pagi itu didalam kelas, seorang temanku baru saja mendownload sebuah aplikasi chatting, Bing namanya. Aplikasi yang berbasis Java dan menggunakan sistem Instant Messanger serta penggunaan data yang tidak terlalu banyak menjadi aplikasi chatting andalan bagi ku dan teman - teman, selain karena murah dan cocok dengan kantong pelajar pada saat itu serta proses loading yang tidak terlalu lama.

      "Hey guys,,,,,download aplikasi ini, bagus nih. Kita bisa chatting rame - rame dan ketemu banyak orang", ucap temanku yang bernama Indra. Well, semua orang melihat kearahnya, termasuk aku. "Download darimana tuh? kayaknya menarik?", Dayat yang memang seorang internet addict dan kami biasa memanggil dia Mr. X, itu adalah nickname yang biasa dipakai ketika chat di mIRC.

         "Download di getjar.com bro,,search aja langsung 'bing'"

     Well, aku yang mendengar itu juga langsung membuka browser dan mulai mencari aplikasi yang dimaksud. Ketika itu handphone berbasis Java dan Symbian adalah handphone canggih tapi untuk Symbian sendiri eksistensinya sudah mulai terganti oleh Java karena Symbian rentan terkena virus. Tidak seperti sekarang yang semua berlomba untuk mempunyai smartphone, dengan motto "gak punya smartphone gak gaul". Handphone ku saat itu adalah Sony Ericsson W200i dan hampir seluruh kelas juga menggunakan handphone dengan merk yang sama dengan tipe yang berbeda.

      Aplikasi bing sudah terpasang dihandphone, dan mulai mencoba seperti apa dunia chatting karena sejujurnya aku masih awam dalam hal ini. Ketika diajak Mr. X, teman ku itu, untuk chat di mIRC, entah aku selalu menolak. Aplikasi ini ternyata menggunakan kontak yang tersimpan dihandphone, jadi aku tidak kesulitan karena sudah ada beberapa teman ku disana.

     Aku di invite untuk masuk room oleh seorang teman ku Indra yang memiliki nick "si Ganteng", menggelikan memang tapi bebas saja. Aku tak ingat nama room itu karena kejadian itu sudah lebih dari 6 tahun yang lalu. Di room itu, lagi aku bertemu dengan beberapa teman ku, dan juga tentu saja orang - orang baru yang tidak aku kenal sama sekali. Kala itu aku memakai nick "VanonZ", nama yang tertera dikaos tim bola kelas. Secara sekilas aku mendapatkan kesimpulan bahwa dunia yang baru aku kenal ini cukup mengasyikkan. Dan jadilah setiap jam istirahat setelah perut ini kenyang, aku beserta beberapa teman, asyik dengan handphone masing - masing. Aku sendiri sudah lupa dengan berapa banyak teman dan room yang aku punya, tapi yang aku tahu adalah aku dengan teman - teman sangat suka membuat onar disebuah room lalu pergi tanpa jejak dan mengacau diroom lainnya. Bahkan ketika jam pelajaran pun kami masih sempat untuk 'ngebing', terlebih jika guru mata pelajaran yang hanya membuat ngantuk, kami bahkan bergosip tentang guru tersebut disebuah room khusus untuk kami. Aku "VanonZ", Ryan "c flash", Indra "si Ganteng", Noey "Naya", Selly "acil", Rizky "alienzky" dan Dayat "xXx" duduk santai dibangku masing - masing dan ya sebagian dari kami ada yang menggunakan bing untuk mencari pacar dunia maya, termasuk aku ketika itu.

        Tapi karena aku, Indra harus kehilangan seorang gadis yang sedang ia dekati dan gadis itu malah jadi dekat denganku, pada saat itu aku sempat merasa bersalah dan Indra sempat tidak tegur sapa hanya karena ini. Tapi setelah itu, semua kembali normal dan aku tetap melanjutkan komunikasi dengan gadis yang bernama Luna dan merupakan keturunan Arab, kalau tidak salah, melakukan obrolan - obrolan ringan tapi malah kadang aku yang tidak nyambung, itu karena dia sudah kuliah kedokteran sementara aku hanya anak SMA kelas 2, lebih tepatnya SMK dengan jurusan Kimia Industri, mungkin missed komunikasi ini terjadi karena perbedaan persepsi dalam hal - hal tertentu.

        Hampir satu tahun lamanya aku bermain bing, dan hanya tinggal aku yang tersisa. Teman - temanku sudah merasa bosan untuk 'ngebing'. Dan untuk Luna sendiri, dia juga sudah menghilang dari bing. Hingga akhirnya akupun harus berhenti 'ngebing' karena dalam kehidupan nyata, aku sendiri sudah mempunyai pacar dan dia tidak suka dengan kebiasaan ku tersebut, terlebih aku pernah ketahuan ketika aku mencoba mendekati seorang gadis lain.

       Aku vacuum hingga pada akhirnya aku putus dengan pacar ku itu. Dan mungkin hampir 2 minggu setelah putus, aku putuskan untuk kembali 'ngebing', ketika itu aku hanya menggunakan bing untuk mencari hiburan dan kesenangan. Aku pun diberi julukan oleh teman sekelas ku sebagai master chatting, tapi aku tidak peduli, aku hanya merasa bahwa hanya didunia chatting, dunia maya ini aku bisa bebas berekspresi. Mengatai orang yang tidak aku kenal sepuas hati, membuat onar, bahkan membuat semua orang pergi dari sebuah room. Hingga akhirnya aku bertemu dengan beberapa orang teman dari sebuah room dengan nick "Ninjaboy", "Kekeng", "Fania", "Sagitagirl", "Leni", dan "Botak". Ya kami jadi teman akrab, terlebih dengan "ninjaboy", kami sampai saling mengangkat saudara begitu juga dengan "Botak", aku anggap dia sebagai kakak.

        Sampai pada suatu hari ditahun 2008, ada seorang teman yang meng'invite aku untuk bergabung dengan room "Cari Jodoh", aku sempat geli sendiri karena apa mungkin akan bisa seperti itu, maksudku apa mungkin bisa mendapatkan minimal seorang pacar dari dunia maya seperti ini?. Sejujurnya aku sendiri percaya bahwa itu bisa saja terjadi karena tuhan yang mengaturnya, walaupun itu hanya seorang pacar biasa, dalam arti mungkin masih bukan jodoh. Jauh dari namanya, room ini sama seperti room yang lain. Jauh dari apa yang sempat aku pikirkan, yang aku kira room ini dipenuhi oleh para pujangga pencari cinta tapi isinya tetap tidak jauh beda dari room yang lain, penuh candaan, saling menghina, kata - kata kotor dan lainnya.
Jadi aku hanya perhatikan saja room itu hingga aku akhirnya menghilang untuk sementara waktu dari bing karena harus berhadapan dengan ujian kenaikan tingkat serta ujian praktikum.

        Aku kembali lagi kedunia bing pada saat liburan sekolah, ya tentu saja setiap room di bing ramai pada saat itu. Namun hanya ada satu room yang malah terlihat sepi, "Cari Jodoh". Hingga pada akhirnya hanya tinggal aku sendiri masih bertahan diroom itu. Para pengguna bing ternyata sudah meninggalkan room ini. Sampai pada akhirnya, aku memutuskan untuk pergi dari room itu. Menurut peraturan, jika ada sebuah room yang tidak memiliki aktifitas dan telah ditinggalkan oleh sang owner maka secara otomatis room itu akan hilang. Dan aku akhirnya bergabung dengan setiap room yang terlihat ramai. Sampai pada akhirnya aku harus kembali menghilang dari bing untuk mengerjakan laporan hasil Praktek Kerja Lapangan atau PKL sewaktu aku kelas 2 lalu. Kegiatan tersebut akan diminta pertanggung jawabannya dalam bentuk laporan dan sidang pada saat kelas 3.  Awal bulan Juli, aku kembali ke kebiasaan lama. Nge-bing. Dan begitu aku online, aku langsung menerima banyak notifikasi seperti banyaknya chat yang masuk disetiap room yang aku miliki, invitation untuk menjadi teman dan invitation untuk masuk kedalam sebuah room baru. Disini, aku kembali menerima undangan untuk bergabung dengan nama room "Cari Jodoh". "Room ini lagi,,,,,tapi yasudah accept aja lah, siapa tahu rame dan beda dari room yang dulu", gumamku ketika kemudian aku menerima invitation tersebut. Ya pada awalnya room ini sepi, aku sempat merasa heran, padahal diroom itu banyak member yang bergabung.  Tapi pada akhirnya aku tidak peduli dan memilih untuk aktif di room yang terlihat ramai. Setelah hampir pertengahan bulan Juli, room itu kembali kehilangan member tapi tidak separah yang dulu, masih ada beberapa member yang bertahan, termasuk aku.

        Dan pada malam berikutnya, ada sebuah aktifitas dari room tersebut. Aku pikir hanya sementara saja tapi ternyata tidak demikian. Room itu terus aktif dan aku view hanya untuk menghilangkan notifikasinya saja, tapi hanya jeda beberapa detik setelah aku view, room itu sudah memiliki notifikasi lebih dari 10 chat. "Hebat benar", pikirku saat itu. Aku hanya mem-view dan memantau nya saja. Dan lagi, notifikasi lebih dari 10 chat muncul dari room itu. Dan ironisnya, membernya terus berkurang. Aku view dan pantau, muncul kembali notifikasi chat, begitu seterusnya. Sampai akhirnya aku lihat secara langsung apa yang terjadi dengan masuk kedalam room. Aku pikir ada banyak orang atau member yang tersisa dari room yang tengah berinteraksi, tapi ternyata hanya 2 orang saja yang sedang berinteraksi. Aku hanya bisa menggelengkan kepala melihat ternyata hanya 2 orang ini yang bisa membuat room ini memiliki notifikasi lebih dari 10 chat. Aku hanya memperhatikan sambil sesekali posting untuk ikut berinteraksi.
Dan ternyata 2 orang itu adalah 1 orang laki - laki dan seorang lagi perempuan. Yang laki - laki berasal dari daerah yang sama denganku, Bogor. Sedangkan yang perempuan berasal dari Surabaya. Setelah beberapa hari, room itu terus aktif, walaupun hanya 2 orang saja, tetapi terkadang aku juga ikut berinteraksi.
Tanpa kusadari, dari room ini ternyata aku bertemu dengan seseorang yang akan menjadi pacarku nanti dan mungkin dia adalah jodohku, sesuatu yang sempat membuat aku bertanya tapi tetap percaya bahwa tuhan lah yang mengatur..............To Be Continue,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,






Hey, wanna make your own money? just click

No comments:

Post a Comment

2017

Hai, ini gue. Lama gak nulis. Bahkan selama setahun terakhir, blog ini gak pernah gue buka. Gak pernah gue kunjungi. Silly author. Gak ter...