Sunday 21 October 2012

Bukan kota tempat ku dilahirkan tapi kota tempat ku dibesarkan

Bogor,,,,mungkin bukan kota kelahiran gue tapi kota tempat gue dibesarkan.
Yup,,,,gue pindah ke kota Bogor saat gue masih kelas 2 SD.
Awalnya Bogor itu kota yang indah, sejuk dan curah hujan yang cukup tinggi yang sesuai dengan julukan nya Bogor si Kota Hujan.
Dari awal tinggal di Bogor sampe sekarang, gue mendapat banyak pelajaran hidup. Dari gue harus menerima ejekan temen-temen SD karena gue gak ahli dalam olahraga, gue dihina dan dijauhi temen-temen satu kelas waktu SMP karena hal sepele, dan akhirnya gue disegani temen-temen SMA.
Waktu SD, gue ini bisa dibilang anak yang biasa-biasa aja dan terkesan lemah karena jujur gue gak ahli dalam olahraga jadi orang-orang nyangka gue ini anak yang kemayu. Waktu SD, gue sampe pindah sekolah 3x itu karena dulu keluarga gue masih belum punya rumah tetap atau bisa dibilang keluarga gue tinggal dirumah yang dikontrak sama keluarga gue. Di SD gue yang ke 3 ini, gue mendapatkan ejekan-ejekan yang intensif baik dari temen atau guru olahraga. Bahkan gue sering di bully sama salah satu anak yang bisa dibilang gak suka sama gue. Walaupun gue selalu mendapat tekanan dari lingkungan sekitar, itu karena ibu gue selalu nasehati gue dan selalu mengingatkan gue untuk membalas dengan cara halus, yaitu dengan prestasi. Dan memang gue mampu menunjukan ke semua orang yang selalu menghina gue kalo gue itu bukan anak yang sembrangan karena gue mampu berprestasi walaupun gue gak ahli dalam olahraga. Dan karena prestasi bisa didapat dari mana saja tidak hanya dari olahraga. Saat lulus pun gue masuk ke dalam 3 peringkat utama di SD tersebut dan satu-satunya anak cowok yang berprestasi karena di peringkat1 dan 3 itu diisi sama anak cewek.
Saat gue SMP, hal yang sama terulang dan bisa dibilang lebih berat waktu SD dulu karena biasanya waktu SMP itu adalah saat-saat pembuktian diri dengan ingin selalu terlihat hebat dimata anak-anak yang lain dan dengan pemikiran yang masih labil serta pendek. Tapi lain hal nya gue, gue yang masih tampil apa ada nya dan bisa dibilang gak menarik perhatian atau cupu itu juga masih gue yang dulu, masih gak ahli dalam olahraga. Tapi gue tergabung dalam salah satu ekstrakulikuler yaitu Pramuka, dan gue masuk jadi pengurus inti. Dari sinilah awal segalanya. Banyak temen-temen sekelas gue yang gak suka liat gue terpilih jadi pengurus inti di ekskul Pramuka ditambah mereka tau kelemahan gue yaitu olahraga. Hinaan-hinaan mulai gue dapet dari mereka, temen-temen sekelas gue. Bahkan gue sempat dihina kaki dapur karena untuk ukuran anak laki-laki, betis gue ini gak berisi. Jadi jelas terlihat kalo gue ini gak suka olahraga. Penghinaan lebih parah gue dapet saat classmeeting, saat itu pertandingan sepak bola dan bola basket. Gue masuk dalam skuad kelas di dua pertandingan tersebut. Tapi gue gak pernah dimainkan, mungkin ada benar nya juga kalo gue gak di mainin karena gue ini gak ahli, tapi hal ini buat gue berpikir dan merasa direndahkan. Akhirnya gue mundur dari skuad tim kelas. Saat pensi pun gue mendapatkan hinaan dari temen gue. Gue sedari SD emang suka banget sama musik tapi sayang nya gue gak bisa mainin satu pun alat musik. Karena gue merasa direndahkan untuk kesekian kalinya, gue berpikir dan memutuskan untuk belajar main gitar kebetulan  dirumah ada gitar pemberian om gue. Seharian penuh selama hari minggu itu gue belajar main gitar, dari awal gue ngapalin chord-chord dasarnya sampe lanjut ke chord major dan minor nada rendah atau tinggi. Setelah hapal semua chord gitar, gue putuskan untuk nyari lagu yang gampang untuk gue mainin dan nemu lah lagu Padi - Semua Tak Sama. Gue genjreng itu gitar seharian sampe ujung jari-jari gue biru dan sakit.
Besok nya ada temen yang bawa gitar dan gue mulai beraksi dengan nyanyiin lagu yang kemarin gue pake waktu belajar gitar, spontan temen-temen gue cuma bisa ngeliatin gue main gitar.
Naik kelas 2, kemampuan main gitar gue bertambah. Dan mereka yang menghina gue pun cuma bisa diem terlebih saat kenaikan kelas, gue mampu menunjukan prestasi gue. Lagi,,gue masuk dalam peringkat 3 besar dikelas, gue di peringkat 2 dengan peringkat 1 dan 3 di pegang sama cewek.
Awal kelas 2 itu gue diajak main band sama temen-temen dikelas. Karena keseringan main band, jadi akhirnya kita putusin buat bikin grup band dan grup band itu dikasih nama "SuckDab", yang merupakan singkatan dari nama-nama samaran kita berlima. Gue saat itu punya nama samaran Komenk, ini juga dapet dikasih sama temen gue yang nama nya Ab, jelas nama samaran. Dan nama samaran gue itu menclok dinama grup band kita sebagai huruf "K".
Di kelas 2 juga gue udah mengenal dunia pacaran, cinta monyet kala itu. Tapi sayang nya, gue itu terlampau cuek sama pacar gue saat itu dan terkesan acuh dan gak anggap dia. Kalo cewek yang gue maksud itu nemu blog gue dan baca note ini, serius gue minta maaf. Gue gak bermaksud kaya gitu tapi jujur nama nya juga cinta monyet jadi masih labil.
Di band, gue dan si Ab ini deket banget, akrab. Gue sama dia sering sharing kemampuan dan ternyata keakraban gue sama si Ab ini gak disukai sama personil band yang lain. Dia yang inisial nama nya jadi huruf   depan nama band kita "S" ini iri dan merusak persahabatan gue sama si Ab. Si S ini berhasil menghasut pikiran si Ab dan personil band yang lain. Akhirnya gue dikeluarin dari band, dan ternyata hasutan si S itu menyebar ke seluruh isi kelas. Entah hasutan apa yang dia kasih dan memfitnah apa gue sampe akhirnya hampir satu kelas jadi memusuhi dan menjauhi gue.
Gue yang merasa terendahkan lagi, putuskan untuk nyari temen diluar kelas dan ketemulah si I dan si B dari kelas sebelah. Bareng mereka berdua, gue buat grup band baru dengan nama "Pas One". Tapi di band baru ini gue diposisi yang bener-bener baru, yaitu sebagai Drummer. Posisi yang baru tapi secara teknik dasar gue udah gak asing dan gak kaku bermain drum untuk pertama kalinya karena gue sempet pelajari teknik dasar bermain drum walaupun cuma dalam khayalan gue. Lagu-lagu yang sering gue mainin selama di Pas One itu semuanya lagu-lagu Pas Band. Denger gue punya grup band baru dan jadi drummer, posisi yang sama dengan si S. Si S panas dan pengen hancurin gue untuk kedua kalinya, tapi gak berhasil. Temen-temen gue di Pas One bela dan bantuin gue dan akhirnya si S cuma bisa iri sama gue. Dan karena Pas One lah sampe SMA dan sekarang gue masih suka bermain drum, Thanks a lot I dan B.
Ibu gue tau soal masalah yang gue hadapin dan lagi-lagi beliau nasehati gue dan nasehat yang sama yang pernah beliau sampaikan ke gue waktu gue SD.
Sampe akhirnya gue kelas 3, prestasi gue gak menurun malah naik jadi peringkat 1. Prestasi di band pun juga gak kalah, gue dapet penghargaan sebagai runner up di acara festival di sekitar tempat tinggal gue.
Sesuai dengan nasehat ibu gue, mereka yang tadinya memusuhi dan menjauhi gue perlahan-lahan deketin gue lagi. Bener apa kata ibu "lama-lama mereka juga pasti capek sendiri dan deketin kamu lagi nak", dan kenyataannya memang begitu.
"Biarlah orang menghina mu apa, yang penting kamu tetap jadi diri mu sendiri" dan ya gue jadi diri gue sendiri. Selama kelas 3 ini, gue terkesan lebih cuek dan acuh sama sekitar gue terlebih untuk apa juga gue perhatikan orang-orang yang pernah menghina gue. Dari situlah lahir gue yang cuek, mudah emosi dan gue yang gampang tersinggung.
Bahkan gue terlihat sangar dengan tatapan mata gue yang tajam. Bisa dibilang saat kelas 3 itu merupakan perwujudan gue yang baru setelah melewati masa-masa penghinaan dari temen-temen sekelas.
Namun sayangnya, Pas One harus bubar karena si I hengkang dari band. Jadi gue dan si B juga mutusin untuk hengkang dan membubarkan Pas One.
Si S yang denger kalo Pas One bubar itu ngerasa seneng dan seakan meludahi gue dan menghina gue sebagai pecundang.
Memang kehidupan itu gak pernah bisa diduga, siang itu saat istirahat shalat dan gue lagi siap-siap mau shalat dzuhur. Tiba-tiba temen gue si Y ,yang nanti bakal jadi temen deket gue di SMA, deketin gue dan bilang kalo dia dan temennya si Sep mau bikin band tapi masih kurang personel, dengan kata lain gue ditawari untuk bergabung sebagai drummer. Gue shalat dzuhur dulu dan gue pikir-pikir tawaran yang tadi. Pulang sekolah si Y dan si Sep nyamperin gue untuk nanyain apa keputusan dari gue. Gue jawab gue bersedia gabung dan jadi drummer di band. Satu per satu personel bergabung dan lengkap lah formasinya.
Si Y sebagai vokalis, si Sep sebagai gitaris, gue sebagai drummer dan gak nyangka juga ternyata si B yang jadi Bassist. Karena gue dan si B pernah main band bareng, jadi pas latihan pertama kita berdua udah gak canggung dan udah saling ngerti soal improvisasi masing-masing. Jalan lah band ketiga gue selama SMP itu dan diberi nama "Kompas". Karena emang dari awal si Sep udah komitmen untuk bawain lagu-lagu ciptaan sendiri, jadi dia minta ke semua personel yang selalu punya inspirasi untuk buat lagu dan kita bawain bareng-bareng. Dari sini lah gue mulai suka menulis lagu, dan gak tau deh inspirasi gue gak pernah kering. Kalo dihitung-hitung sih lagu-lagu ciptaan gue itu udah bisa dibuat sebanyak 5 album. Gue kasih lagu-lagu ciptaan gue ke semua personel dan minta mereka untuk bareng-bareng buat aransemennya. Gak nyangka ternyata lagu ciptaan gue bisa jadi lagu yang bener-bener bagus.
Kembali si S mulai iri lagi sama gue karena denger gue punya band baru dan bisa bikin lagu.
Gue sih cuma anggap dia itu anjing yang lagi gonggong. Terus gue denger SuckDab pun bubar, gue cuma bisa senyum karena gue keluar sebagai orang yang bisa bertahan sampai akhir.
Kompas Band pun ikut festival kesana kemari dan berhasil dapet penghargaan lagi, dimulai dari juara umum, juara runner up dan juara favorit. Dan lagu ciptaan gue terpilih jadi lagu terbaik lirik dan aransemennya.
Dari situ gue sadar ternyata kelebihan gue itu terletak di musik, jadi gue putusin untuk terus meng-explore kemampuan gue di dunia musik.
Kompas harus vakum selama Ujian Nasional dan setelah lulus pun masih harus vakum karena 1 dari 4 personelnya sekolah di SMA yang berbeda. Gue, si Y dan si B ada disekolah yang sama , yaitu SMK Skiel, nama sekolah disamarkan, sementara si Sep sekolah di SMA Pesat.
Oh iya saat gue lulus itu emang nilai-nilai gue sempat merosot, bukan karena band tapi karena alasan lain yang gak bisa gue tulis di note ini.
Sempat Kompas mau dihidupkan kembali, dan mampu berjalan hanya selama satu bulan aja, itu karena kesibukan kita dan jadwal yang selalu aja gak cocok diantara semua personel.
Saat SMK ini, gue masuk jurusan kimia. Sebenernya sih gue gak suka ngitung tapi karena keinginan orang tua dan gue hanya bisa nurut dan gak pengen buat mereka kecewa jadi gue ikutin kemauan mereka.
Gue jalani hari-hari gue sebagai siswa SMK jurusan kimia yang lama-lama buat gue stress dan pusing. Selama satu tahun di SMK ini, gue sebagai laki-laki normal mulai menunjukan kesukaan gue ke lawan jenis atau bisa dibilang gue ini jadi playboy. Dan akhirnya gue ketemu cewek yang menarik perhatian gue, dan gue mulai beraksi terus sempat komitmen untuk berhenti jadi playboy. Tapi gue malah dikhianati sama dia, dan gue makin menjadi.
Naik kelas 2, gue ketemu lagi cewek yang menarik terus gue jadian sama dia. Ini sebenernya posisi gue itu juga udah punya cewek, dengan kata lain gue jadi punya 2 cewek. Yang satu sekolah di SMA lain dan yang satu lagi itu satu sekolah dan jurusan sama gue, dan kedua nya adalah adik kelas gue. Tapi sayang aksi gue kali ini ketauan, mungkin trik nya kurang jitu. Terus awal kelas 3, gue ketemu sama cewek yang sampe sekarang jadi cewek gue. Sejak ketemu dia ini gue putusin untuk berhenti jadi playboy.
Sampe sekarang ini gue sama cewek gue ini udah pacaran selama 4 tahun lebih, Love You Mbeph.
Selama kelas 1 lalu, gue suka main band bareng temen sekelas. Dan soal prestasi jujur menurun karena gue yang gak suka ngitung dan masih baru jadi belum ngerti soal kimia, waktu SMP agak ada pelajaran kimia soalnya, terus menjelang kelas 2 itu gue diajak sama si Y dan si B yang beda jurusan untuk bikin band baru lagi dan lupakan soal band sebelumnya, Kompas. Gue pikir-pikir soal tawaran mereka, dan akhirnya gue terima juga, karena gue juga udah kangen saat-saat main band bareng mereka. Personel band pun lengkap, dengan formasi si Y sebagai vokalis, si R sebagai lead gitar, si B sebagai rhythm gitar, si J sebagai bassist dan gue sebagai drummer, dengan nama "Electric Chemical". Itu karena 4 dari 5 personel berasal dari jurusan yang sama, yaitu elektro sedangkan cuma gue yang berasal dari jurusan kimia.
Electric Chemical pun mulai mendapat jam terbang untuk pertama kalinya di acara pensi tahun 2006.
Nama band pun naik dengan cepat, itu karena kemampuan personelnya mampu membuat penonton terpaku, bukan sombong ya, ditambah lagi kami juga mendapatkan pernghargaan. Dan 2 dari 5 personel band pun mendapat penghargaan, si R dapet penghargaan sebagai best lead guitar dan gue dapat penghargaan sebagai best drummer. Itulah prestasi kami sebagai band yang baru terbentuk selama 2 hari dan langsung perform. Lumayan juga lah untuk taraf anak kelas 1.
Di tahun 2007, yaitu acara kelulusan angkatan 2007. Kami kembali perform dan gue + si R mendapat penghargaan yang kedua kalinya.
Pas kelas 2 pun, kami kembali dapat penghargaan. Kali semua penghargaan disabet oleh masing-masing personel. Gue dan si R dapet penghargaan untuk yang ketiga kalinya.
Electric Chemical pun sempat perform di acara gathering anak-anak motor Cileungsi dan mendapat tepukan paling meriah.
Nama band pun terus naik di lingkungan sekolah, dan ternyata di antara anak-anak motor itu ada beberapa orang yang satu sekolah dengan kita. Mereka lah yang buat nama kami terus naik, dan itu berimbas ke kehidupan masing-masing personel.
Jujur dikelas, gue disegani dan selalu dimintai tolong untuk membantu temen-temen yang punya band untuk jadi mentor mereka.
Di tahun yang sama, 2007. Di acara classmeeting dan pensi selesai ujian kenaikan kelas. Electric Chemical perform dan udah punya barisan massa sendiri.
Masing-masing personel dapet penghargaan lagi dan untuk gue dan si R itu penghargaan yang keempat kalinya.
Tahun 2008, Electric Chemical ganti nama jadi "Death Punch Run Away", sedikit mengusung musik metal. Ini karena kita semua udah terobsesi untuk nyoba mainin musik metal. Dan menjelang kenaikan kelas 3, kita Death Punch Run Away perform lagi di pensi, dan yup kita dapat penghargaan lagi. Ini juga penghargaan kelima buat gue dan si R.
Kita pun sempat ikut ajang kreasi Indomie jingle dare saat itu, cuma kita terbentur sama perizinan dari sekolah karena kita lagi ada ujian produktif. Jadi lah kita mundur untuk kedua kalinya. Yang pertama itu tahun lalu dan dengan kondisi yang sama.
Selesai ujian kompetensi, Death Punch Run Away pergi ke ibu kota untuk ikut festival di televisi nasional, TVRI.
Kami bangga bisa bermain di TVRI, walaupun realita saat ini TVRI udah gak terlalu diminati oleh masyarakat, yang gak seperti dulu saat stasiun televisi itu emang cuma ada TVRI, tapi kami bangga bisa bermain di stasiun televisi nasional dan gak peduli orang-orang diluar sana nonton atau gak. Setelah perform, kita sempet kaget ternyata ada salah satu orang datang hampiri kita semua dan menunjukan ID card dan bilang kalo dia itu dari SONY MUSIC terus nawarin kita untuk kirim demo kesana, orang itu juga ngasih ID card nya ke kita, untuk kita hubungi soal keputusan dari kita.
Kita pulang ke Bogor dengan seadanya, karena kita pergi pun dengan seadanya naik bus umum dan pulang pun naik bus yang sama dengan nenteng-nenteng gitar sambil diliatin orang-orang. Di dalam bus, kita bahas tawaran yang tadi.
Besok nya pun, kita mash bahas itu. Dan dengan penuh pertimbangan kita akhirnya membulatkan suara kalo kita menolak tawaran yang kemarin. Kita hubungi orang yang kemarin dan dengan penuh maaf kami menolak dengan alasan saat ini sebentar lagi kelas 3 dan saat itu kami sudah gak bisa lagi main-main. Kita udah harus serius dengan study kami. Orang tersebut pun mengerti alasan kami tapi dia masih tetap bersedia menunggu kami jika kami berubah pikiran.
Oh iya, selama kelas 2 itu juga prestasi gue berangsur naik karena gue udah terbiasa dan bisa menguasai keadaan.
Saat kelas 3, gue ketemu cewek yang sampe sekarang jadi cewek gue. Death Punch Run Away pun sempat vakum.
Awalnya Death Punch Run Away akan kembali bangkit, karena ada seseorang yang berani menjadi manager kami dan bersedia membiayai segala kebutuhan kami, namun dengan syarat bahwa anak nya juga tergabung dalam band sebagai vokalis. Kami terima tawaran itu, kami datang ke studio musik di salah satu tempat gak jauh dari rumah gue. Semua personel datang terkecuali sang bassist, si J.
Di situ juga ada kang D, gue jadiin dia sebagai mentor gue dalam memperdalam kemampuan menggebuk drum dan sang calon manager + anaknya juga hadir.
Kita yang kebingungan karena merasa band ini pincang, akhirnya tertolong dengan masuk nya Kang D. Formasi band berubah, karena kang D ini cuma mau main drum. Si Y dan si M sebagai vokalis, si R masih tetep sebagai lead gitar, gue sebagai rhythm gitar dan si B kembali jadi bassist. Ada untungnya buat gue jadi gitaris lagi, karena pada awalnya gue ini gitaris dan gue juga suka capek kalo maen drum. Stamina gue selalu habis kalo maen drum, bawain lagu metal.
Terbentuklah band baru, "Red Rose" dengan aliran alternatif tapi dengan eksperimen gue sebagai rhythm gitar, jadi terdengar lebih rock dan cenderung jadi heavy metal.
Dan Death Punch Run Away pun gak jadi bangkit.
Red Rose mulai mendapat jam terbang pas perform di festival band di Kota Wisata Cibubur.
Namun umur dari Red Rose ini gak lama, karena si M yang anak dari manager kami itu berulah. Dia hengkang gitu aja dari band dan menjadi dancer. Personel lain pun kesal dan memutuskan untuk membubarkan band.
Tahun 2009, saat terakhir bagi gue untuk menikmati sisa-sisa waktu disekolah ini. Selama kelas 3 inilah jujur cewek gue lah yang jadi motivasi untuk terus bangkit. Kebetulan cewek gue ini umurnya satu tahun diatas gue tapi secara pendidikan dia kelulusan angkatan 2007. Saat-saat terakhir menjelang Ujian Nasional, gue tanya berapa nilai dia dari setiap mata pelajaran yang diujikan dan berapa jumlah NEM nya. Semua itu gue jadiin sebagai motivasi, dan alhamdullilah gue berhasil mencapai target bahkan melebihi target. Semua nilai-nilainya dia pun terlewati. Terima kasih mbeph, Love You.
Tapi saat-saat terakhir itu, Death Punch Run Away pun bangkit lagi. Sekali lagi kita perform diacara pensi sekolah dan menyabet lagi penghargaan. Untuk gue dan si R, itu adalah penghargaan yang keenam kali dan yang terakhir.
Kita membawakan 3 lagu dan lagu yang ketiga atau yang terakhir itu kami bermain akustik.
Saat-saat itu juga kita di nobatkan sebagai grup band legenda di sekolah.
Entah legenda Death Punch Run Away atau Electric Chemical ini masih terdengar atau tidak, kami gak peduli. Yang jelas kami bangga pernah sekolah di sekolah itu dan berhasil menggebrak dengan ciri khas dari gaya bermusik kami.
Sekarang gue kuliah di Bandung dan sekarang udah tingkat akhir, lagi sibuk-sibuknya selesaikan sks dan nyusun skripsi.

Yah,,,itulah sedikit cerita gue di Bogor, kota tempat ku dibesarkan.
Gue alami banyak hal di kota itu, gue mendapat banyak pengalaman hidup yang berharga yang jadi modal buat gue untuk tumbuh dewasa dan bisa mengatasi probelama kehidupan.
Ditambah semua pengalaman hidup yang gue dapat selama gue kuliah di Bandung


Terima kasih Bogor sang Kota Hujan
Kelak gue akan kembali ke Bogor dengan keadaan gue yang udah sukses.


Sekarang saatnya gue untuk lanjutkan tidur.................
zZzzzZZZZzzzzzzZZZzzzzzZZZZzzzzzzzzzz......................

No comments:

Post a Comment

2017

Hai, ini gue. Lama gak nulis. Bahkan selama setahun terakhir, blog ini gak pernah gue buka. Gak pernah gue kunjungi. Silly author. Gak ter...